Keberhasilan Kurikulum 2013
Rabu, 26 Juni 2013
Edit
Keberhasilan Kurikulum 2013 - Hallo sahabat MA Darusshiddiqien, pada artikel yang Anda baca kali ini dengan judul Keberhasilan Kurikulum 2013, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk Anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel Info Pendidikan, yang kami tulis ini dapat Anda pahami. Baiklah. Selamat membaca!
Judul : Keberhasilan Kurikulum 2013
link : Keberhasilan Kurikulum 2013
Anda sekarang membaca artikel Keberhasilan Kurikulum 2013 dengan alamat link https://madarusshiddiqien.blogspot.com/2013/06/keberhasilan-kurikulum-2013.html
Judul : Keberhasilan Kurikulum 2013
link : Keberhasilan Kurikulum 2013
Keberhasilan Kurikulum 2013
Sedikitnya ada dua faktor besar dalam keberhasilan kurikulum 2013. Pertama, penentu, yaitu kesesuaian kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) dengan kurikulum dan buku teks. Kedua, faktor pendukung yang terdiri dari tiga unsur; (i) ketersediaan buku sebagai bahan ajar dan sumber belajar yang mengintegrasikan standar pembentuk kurikulum; (ii) penguatan peran pemerintah dalam pembinaan dan pengawasan; dan (iii) penguatan manajemen dan budaya sekolah.
Berkait dengan faktor pertama, Kemdikbud sudah mendesain strategi penyiapan guru sebagaimana digambarkan pada skema penyiapan guru yang melibatkan tim pengembang kurikulum di tingkat pusat; instruktur diklat terdiri atas unsur dinas pendidikan, dosen, widyaswara, guru inti, pengawas, kepala sekolah; guru utama meiputi guru inti, pengawas, dan kepala sekolah; dan guru mereka terdiri atas guru kelas, guru mata pelajaran SD, SMP, SMA, SMK.
Pada diri guru, sedikitnya ada empat aspek yang harus diberi perhatian khusus dalam rencana implementasi dan keterlaksanaan kurikulum 2013, yaitu kompetensi pedagogi; kompetensi akademik (keilmuan); kompetensi sosial; dan kompetensi manajerial atau kepemimpinan. Guru sebagai ujung tombak penerapan kurikulum, diharapkan bisa menyiapkan dan membuka diri terhadap beberapa kemungkinan terjadinya perubahan.
Kesiapan guru lebih penting daripada pengembangan kurikulum 2013. Kenapa guru menjadi penting? Karena dalam kurikulum 2013, bertujuan mendorong peserta didik, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), terhadap apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran.
Melalui empat tujuan itu diharapkan siswa memiliki kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif. Disinilah guru berperan besar di dalam mengimplementasikan tiap proses pembelajaran pada kurikulum 2013. Guru ke depan dituntut tidak hanya cerdas tapi juga adaptip terhadap perubahan.
Demikianlah Artikel Keberhasilan Kurikulum 2013
Sekianlah artikel Keberhasilan Kurikulum 2013 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Keberhasilan Kurikulum 2013 dengan alamat link https://madarusshiddiqien.blogspot.com/2013/06/keberhasilan-kurikulum-2013.html